OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). didalam OpenGL mempunyai banyak pustaka /library yang disebut OpenGL Unit Library Toolkit(Glut).
Didalam Glut tersebut sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda.
OpenGL ini sifatnya open source, dapat dipakai pada banyak platform (Windows ataupun Linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler bahasa pemrograman seperti C++, Delphi, Java ataupun VB.
Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu:
Glut.h
Glut32.lib
Glut32.dll
OpenGL merupakan singkatan dari Open Graphics Library. OpenGL itu sendiri merupakan spesifikasi standar yang mendefinisikan suatu lintas bahasa untuk mengembangkan suatu aplikasi yang menghasilkan suatu grafis komputer dalam bentuk 2D ataupun 3D.
Sebelum kita membuat grafik garis menggunakan OpenGL kita akan menggunakan bahasa pemrograman Dev C++ sebagai compiler ditambah dengan plugin glut.h untuk komponen tambahan dalam pembuatan garis dengan OpenGL. lalu untuk menginstall komponen itu kita masuk dari tools dan pilih package mananger, lalu setelah itu kita klik install dan masukkan bagian pada glut.h pada search dan setelah masuk kita open, lalu install komponen, setelah itu masuk ke dalam coding untuk pembuatan grafik garis
Memulai Pemrograman
1. Pertama buka Dev C++ sebagai interface awal program.
2. Pilih File pada Menu, kemudian pilih New lalu Project.
3. Maka akan tampil kotak New Project, pilih Mulitimedia lalu pilih OpenGL kemudian OK.
Library OpenGL ini sudah berisikan source code mulai dari tampilan bentuk hingga animasi nya secara Default. Jika kita ingin membuat suatu animasi grafis pada OpenGL, kita hanya perlu menambahkan source code nya dibawah komentar /* OpenGL animation code goes here */.
Garis Vertikal
Masukkan Source kode berikut untuk membuat garis vertikal :
glClearColor (1.1f, 0.0f, 1.1f, 1.2f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(0,0,0); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.0);
glVertex3f(0.0,130.0,0.0);
//////////////////////////////////
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
Setelah memasukkan source kode maka hasil output yang akan tampil pada program adalah seperti gambar berikut.
Garis Horizontal
Masukkan Source kode berikut untuk membuat garis horizontal :
glClearColor (1.1f, 0.0f, 1.1f, 1.2f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(0,0,0); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.0);
glVertex3f(0.9,0.0,0.0);
//////////////////////////////////
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
Setelah memasukkan source kode diatas maka hasil output yang akan tampil pada program adalah seperti gambar dibawah.
Garis Diagonal
Masukkan Source kode berikut untuk membuat garis diagonal :
glClearColor (9.1f, 0.0f, 0.1f, 0.1f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(0,0,0); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.0);
glVertex3f(0.9,0.9,0.0);
//////////////////////////////////
glEnd ();
glPopMatrix ();
SwapBuffers (hDC);
Sleep (1);
}
}
Setelah memasukkan source kode dengan benar maka hasil output yang akan tampil pada program akan seperti gambar berikut.
Keterangan Source Code :
- glClearColor (0.1f, 0.1f, 0.1f, 0.1f);[ Warna untuk latar belakang dalam mode RGBA ]
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);[ Membersihkan layar latar belakang ]
- glPushMatrix ();[ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
- glClearColor(0,0,0,0);[ Untuk menentukan warna garis/titik ]
- glColor3f(1,1,1); //[ Untuk menentukan warna garis/titik ]
- glBegin(GL_LINES);[ Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
- glVertex3f(0,0,-0.0);[ Untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
- glVertex3f(0.0,0.0,0.0);[Untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
- glEnd ();[ Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir ]
- glPopMatrix ();[ Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar ]
- SwapBuffers (hDC);[ Untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar ]
- Sleep (1);[Program berhenti sejenak]
Selesai
Demikianlah penjelasan tentang cara membuat grafik garis vertikal, horizontal, dan diagonal dengan OpenGL pada Dev C++. jikalau ada kesalahan dalam pengkodingan atau penulisan mohon dimaafkan. Terima Kasih
Referensi :
kata guru saya kodenya dengan visual c++ beda... benarkah?
BalasHapus-- terimakasih...